Makanan sehat bayi 0-6 bulan

Sejak dulu telah diketahui bahwa makanan terbaik untuk bayi adalah ASI. ASI mengandung anti bodi yang diperlukan bayi. Lemak pada ASI mudah dicerna daripada susu sapi sehingga tidak menyebabkan diare dan kandungan natriumnya rendah. ASI mengandung protein yang sangat baik untuk pertumbuhan dan ASI tidak menimbulkan alergi. Oleh karena itu, upayakan memberikan ASI untuk bayi anda karena merupakan makanan terbaik. Jika karena sesuatu hal ASI tidak dapat keluar atau sedikit keluar, janganlah berputus asa. Tetaplah berusaha, jangan dulu beralih ke susu formula. Tetapi tidak semua ibu mendapat anugerah memberikan ASI yang optimal.  Terkadang meski sudah melakukan berbagai upaya, tetap saja ASI tidak dapat keluar. Jika kondisi sudah sangat tidak memungkinkan untuk memberikan ASI, susu formula dapat digunakan.

Dalam memilih susu formula, perlu diperhatikan kandungan gizinya. Pada umumnya, bayi mengalami lactose intoleran atau tidak tahan laktosa. Akibatnya bayi diare atau muntah. Tetapi belum tentu bayi yang diare karena susu formula itu mengalami lactose intoleran, bisa juga disebabkan lemak dari susu formula tersebut yang terlalu tinggi. Apabila bayi mengalami lactose intoleran, dapat menggunakan susu formula yang rendah laktosa seperti LLM atau tanpa laktosa seperti Nutrilon Soya, Prosobee dan sebagainya. Konsultasikan dengan dokter apabila bayi anda mengalami gangguan seperti di atas.

Sebagai orangtua yang bijak, tentunya kita tidak boleh begitu saja termakan iklan, hadiah, bonus-bonus dan rayuan yang ditawarkan produsen susu bayi karena belum tentu produk tersebut baik untuk anak kita.

Perlu diketahui bahwa ASI pada bayi dapat diberikan sekehendak sampai usia 2 tahun, sedangkan pemberian susu formula diberikan sesuai dengan kebutuhan bayi. Susu formula yang terbaik adalah susu formula yang sesuai dengan tubuh bayi, dimana tidak menimbulkan reaksi alergi dan dapat membantu tumbuh kembangnya. Jadi belum tentu susu formula yang mahal adalah yang terbaik untuk bayi anda. Sesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga karena dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, selain faktor nutrisi ada faktor penting lain yaitu asah asih dan asuh dari orang tua.

Berikut ini adalah daftar kebutuhan kalori dan susu formula untuk bayi 0-6 bulan:

Umur Kebutuhan kalori Kebutuhan susu formula
0-3 bulan 120 kkal/kg berat badan 180 cc/kg berat badan
4-6 bulan 110 kkal/kg berat badan 165 cc/kg berat badan
7-12 bulan 100 kkal/kg berat badan 150 cc/kg berat badan

.