Agar program anda untuk menurunkan berat badan dapat berhasil, berikut ini ada beberapa tips yang sebaiknya anda pahami dan lakukan:

  1. Plan a head
    Jika menu rendah kalori yang seimbang sulit didapatkan di tempat anda bekerja atau beraktifitas, maka anda dapat menyiapkan bekal sendiri dari rumah atau gunakan jasa catering khusus.
  2. Check behaviour
    Kapankah anda merasa ingin ngemil, apakah alasan anda untuk makan banyak, dan kebiasaan-kebiasaan lain yang membuat anda selalu ingin makan lebih banyak harus anda sadari dan upayakan untuk merubahnya.
    Misalnya, ganti camilan anda dengan buah atau susu rendah lemak.
  3. Perbanyak konsumsi air putih
    Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme tubuh yaitu untuk membakar kalori. Oleh karena itu minumlah setidaknya 8 gelas air putih sehari.
  4. Makan sebelum tidur
    Sebenarnya belum ada penelitian yang mengatakan bahwa makan sebelum tidur dapat menambah berat tubuh. Makan terlalu banyak, makanan pedas, dan makanan terlalu berlemak tidak baik dilakukan sebelum tidur, karena pada jam-jam tidur (sekitar pukul 22.00-04.00) organ-organ pencernaan dalam tubuh sedang dalam proses penyerapan zat-zat makanan sehingga kerja lambung menjadi lebih lambat. Minum kafein 3 jam sebelum tidur juga tidak baik karena akan membuat tidur tidak nyenyak.
  5. Batasi asupan permen, kue, coklat dan biskuit
  6. Makanlah dengan irama perlahan
    Makan dengan waktu lebih lama menyebabkan lambung cepat mendapatkan rasa kenyang sehingga mulut tidak ingin makan lebih banyak lagi.
  7. Jangan makan sambil melakukan hal yang lain
    Hal ini dapat membuat kita tidak sadar makan lebih banyak, sehingga jumlah kalori yang banyak tidak sadar telah masuk ke dalam tubuh dan dapat meningkatkan berat badan.
  8. Jangan lupakan sayur dan buah
  9. Batasi penggunaan minyak dalam memasak
    Kurangi memasak makanan dengan menggoreng, cobalah dengan memanggang, menumis, atau mengukus.
  10. Jangan sekali-kali melewatkan sarapan
    Sarapan memiliki banyak fungsi, antara lain meningkatkan konsentrasi dan kualitas otak, dan membuat anda pada saat makan siang tidak terlalu lapar sehingga tidak terlalu banyak makan.
  11. Pilih makanan yang tidak berlemak
    Biasakan selalu memilih bagian daging yang tidak berlemak, membuang kulit ayam dan memakan ikan yang tidak berlemak.
  12. Gunakan produk non-fat
    Biasakan membeli produk-produk dairy seperti susu, keju atau yoghurt rendah lemak (low fat) atau tanpa lemak (non fat).
  13. Perhatikan penyimpanan makanan
    Jangan menyimpan makanan ringan yang tinggi lemak atau yang seharusnya anda hindari di tempat yang mudah dijangkau.
  14. Bacalah informasi nilai gizi pada setiap kemasan

.