Ada beberapa cara untuk menurunkan berat badan, antara lain:

  1. Pengaturan pola makan (diet)
  2. Olahraga
  3. Akupunktur
  4. Obat-obatan
  5. Tindakan bedah

Kontrol konsumsi makan (diet) merupakan salah satu pilar terpenting dalam upaya menrunkan berat badan. Apapun cara yang anda lakukan untuk menurunkan berat badan, apabila tidak disertai kontrol makanan yang tepat akan membuat berat badan sulit untuk diturunkan terutama dalam jangka panjang.

Dalam penatalaksanaan diet untuk menurunkan berat badan, pola makan “rendah energi seimbang” sudah terbukti berhasil dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Diet ini dapat membentuk dasar kebiasaan makan yang baik untuk dilanjutkan dalam jangka waktu yang tidak terbatas dan membantu mempertahankan berat badan yang sudah sesuai.

Sebagai pedoman, penurunan berat badan yang baik adalah 1/2-1 kg per minggu atau 2-4 kg per bulan. Jika hanya dengan pengaturan makan, berat badan hanya akan turun +/- 2 kg per bulan, akan tetapi jika disertai dengan olahraga maka penurunan berat badan bisa mencapai +/- 4 kg per bulan.

Menu sehat terdiri dari hidangan lengkap dengan komposisi zat gizi seimbang. Oleh karena itu, dalam program penurunan berat badan jangan hanya mengonsumsi salah satu makanan saja, misalnya hanya makan sayur saja, atau menghindari karbohidrat, dan sebagainya. Hal tersebut dapat menyebabkan kekurangan zat gizi tertentu dalam tubuh dalam jangka panjang. Jadi, menu sehat dalam menurunkan berat badan tetap berpedoman pada menu seimbang yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral dengan jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita.

Penurunan berat badan yang baik dan sehat adalah dengan membatasi asupan energi dan meningkatkan pengeluaran energi melalui olahraga. Olah raga dapat dilakukan 30-40 menit 3 kali seminggu. Jenis olahraga disesuaikan dengan kemampuan setiap individu.

Untuk menurunkan berat badan, banyak upaya dilakukan oleh seseorang, akan tetapi sebelum memilih program yang tepat, pelajari betul konsep dietnya. Jika diet yang ditawarkan mengandung unsur di bawah ini, maka diet yang ditawarkan bukan konsep diet yang baik.

  1. Menjanjikan penurunan berat badan secara cepat
  2. Menghadirkan menu kaku
  3. Tidak ada anjuran aktivitas
  4. Menyertakan makanan ajaib pembakar lemak
  5. Penggunaannya untuk jangka pendek

Berikut ini adalah pola menu rendah energi seimbang:

  1. Energi rendah, ditujukan untuk menurunkan berat badan. Pengurangan dilakukan secara bertahap sebanyak 500-1000 kkal/hari dari kebutuhan normal.
  2. Protein sedikit lebih tinggi yaitu 15-20% dari kebutuhan energi total.
  3. Lemak sedang yaitu 20-25% dari kebutuhan energi total. Usahakan sumber lemak berasal dari lemak tidak jenuh ganda yang kadarnya tinggi.
  4. Karbohidrat sedikit lebih rendah, yaitu 55-60% dari kebutuhan energi total. Gunakan lebih banyak sumber karbohidrat kompleks untuk memberi rasa kenyang dan mencegah konstipasi. Sebagai alternatif, bisa digunakan gula buatan atau madu sebagai pengganti gula sederhana.
  5. Serat tinggi yaitu 20-30 gr/hari.
  6. Vitamin dan mineral cukup sesuai kebutuhan.
  7. Dianjurkan untuk 3 kali makan utama dan 2-3 kali makanan selingan.
  8. Cairan cukup, yaitu 8-10 gelas/hari.

Contoh Menu 1300 kalori:

Pagi Susu non fat 3 sendok makan
Roti 2 lembar
Apel 1 buah
Pukul 10:00 Jus tomat 1 gelas
Pisang kukus 1 buah
Siang Nasi 3/4 gelas
Pepes tahu teri medan 1 porsi
Sayur asem 1 mangkuk
Sore Gado-gado 1 porsi
Malam Jus melon 1 gelas

Contoh Menu 1500 kalori:

Pagi Bubur ayam 1 porsi
Buah pepaya 100 gram
Pukul 10.00 Bakpau mini isi kacang hijau
Siang Nasi 1 gelas
Ayam masak kecap 1 potong
Sup sayuran 1 mangkuk
Sore Siomay 1 porsi
Malam Buah potong (apel, melon, semangka)

.