Diabetes Mellitus (DM) adalah suatu kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik absolut maupun relatif.

Pilar utama pengelolaan Diabetes Mellitus adalah:

  1. Penyuluhan
  2. Pengaturan makan/diet
  3. Latihan jasmani
  4. Obat bersifat hipoglikemik

Pengaturan makan pada penderita DM

Menjadi diabetes sering segera dikaitkan dengan tidak boleh makan gula. Memang benar gula menaikkan gula darah namun perlu diketahui bahwa semua makanan juga menaikkan gula darah. Pengaturan makan (diet) merupakan komponen utama keberhasilan pengelolaan Diabetes Mellitus, akan tetapi mempunyai kendala yang sangat besar yaitu kepatuhan seseorang untuk menjalaninya. Yang perlu dilakukan adalah makan sesuai dengan kebutuhan anda dan teratur dalam hal jumlah, jenis dan jadwal makan (3J).

Tujuan dari diet adalah:

  1. Mempertahankan kadar gula mendekati normal.
  2. Mencapai kadar lemak darah yang optimal.
  3. Memberikan makanan yang cukup untuk mencapai atau mempertahankan berat badan yang sesuai pada orang dewasa, mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang normal pada anak dan remaja, serta untuk kebutuhan metabolik selama kehamilan dan menyusui atau untuk penyembuhan.
  4. Mencegah komplikasi akut dan kronis.
  5. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan melalui gizi yang optimal.

Mungkin anda ragu apakah menjadi diabetes perlu masak terpisah dari makanan keluarga? Jawabannya adalah tidak perlu. Sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena cara makan yang dianjurkan untuk penyandang diabetes sebenarnya sama dengan anjuran makan sehat untuk semua orang termasuk yang tidak diabetes yaitu makanan dengan gizi seimbang.

Bersambung ke Bagian 2 yaa…