Latest Entries »

Ngemil ? Siapa takut !

Lama…banget saya ga posting di blog saya yg satu ini. Beberapa bulan terakhir ini rasanya mati gaya, ga tau mo nulis apa hehehe…

Kebetulan lagi sibuk juga ma lapak Dapoer Lisa saya yg Alhadulillah berjalan lancar :)

Oke deh…saya mulai ya…:)

Postingan ini saya kutip dari beberapa buku dan artikel di majalah.

Buat yang lagi belajar hidup sehat, jaga berat badan atau lagi menurunkan berat badan pasti akan mikir 2 kali kalo mo ngemil. Iya kan? Iya dong…kayak saya gitu…;)

Ngemil emang bisa bikin tubuh kita tambah melar. Tapi kalo cemilannya sehat dengan jumlah secukupnya justru bisa membantu mempercepat proses metabolisme lho. Bahkan bikin kita tetap berenergi sepanjanga hari :)

Apa sih cemilan yg sehat ?

  1. Roti dan serealia. Pilihannya boleh karakers, roti tawar panggang, keripik jagung atau kacang2an. Boleh juga memilih energy bar atau biskuit ptotein tinggi. Tapi…hindari kue, cake, pie, atau kue2 yg manis2 ;)
  2. Susu dan produk olahannya. Tentu saja pilih susu yang rendah lemak, dan yogurt yg plain. Dan…hindari susu coklat, es krim, milk shake yg mengandung sirup bergula, atau yogurt yang berasa buah-buahan.
  3. Sayuran, buah, dan telur. Semangkuk salad buah atau sayuran pas banget untuk camilan di malam hari. Pengen telur atau daging? Pilihlah telur rebus, ayam panggang atau daging panggang.

So…masih takut ngemil ? ;)

     

     

     

    Happy New Year 2011

    Coffee Break…Part-2

    Ngopi lagi yuuk…slurp…:)

    Bagi orang-oran tertentu, kafein bisa menimbulkan efek negatif. Siapa saja sih mereka ?

    1. Penderita maag kronis. Pasalnya, kafein dapat merangsang sekeresi berlebihan asam lambung.
    2. Wanita hamil. Kehamilan akan menahan kafein cukup lama di dalam tubuh akibat metabolisme yang melambat. Hal tersebut dapatt meningkatkan tekanan darah.
    3. Mereka yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Misalnya, obat antidepresan, alkohol, golongan antihistamin (obat untuk mencegah alergi), dan obat penghilang rasa sakit. Konsumsi kafein dan obat-obatan tersebut secara bersamaan akan menimbulkan rasa pusing.
    4. Pecandu kopi. Jangan mengurangi dosis kafein dengan drastis atau menghentikan konsumsinya secara tiba-tiba, karena akan menimbulkan gejala putus pemakaian (withdrawal symptoms), yaitu saikit kepala, kurang tidur, emosi tidak stabil, hingga nyeri otot dan mual.

    Dari penelitian Weinberg dan Bealer, selain menghilangkan kantuk, kafein diketahui juga memiliki efek menyenangkan lain yang tidak terduga. Antara lain adalah :

    • Mengasah pikiran. Konsumsi kafein secra teratur akan mempertajam dan mempercepat kerja kognitif. tingkat ketajaman dan kecepatan yang dihasilkan tergantung jumlah asupan kafein.
    • Membangun emosi positif. dlam dosis rendah pun kafein cukup mampu meningkatkan stabilitas mental dan pikiran, membangun kebahagiaan, optimisme, dan motivasi kerja. Tetapi, kafein berdosis tinggi bisa meningkatkan emosi negatif.
    • Untuk relaksasi dan meditasi. Kafein dosis rendah hingga sedang bisa mempengaruhi sistem serotonin, dopamin, dan senyawa kimia otak lain yang tidak hanya menurunkan kecemasan, tetapi juga meningkatkan relaksasi dan ketenangan.
    • Menurunkan berat badan. Dari pengalaman klinis, kafein efektif digunakan sebagai terapi penurunan berat badan pada pasien obesitas. Senyawa ini bekerja melalui empat mekanisme berbeda, yaitu menekan nafsu makan, mempercepat metabolisme, dan mempercepat pembakaran lemak.
    • Membuat awet muda. Kafein mengandung antioksidan yang bisa menjaga kemudaan dan menangkal radikal bebas.

    Kalau selama ini Anda menyangka tak minum kopi bisa bebas dari kafein, atau hanya minum secangkir dua cangkir kafein tak akan berlebihan, pikir lagi. Menurut Weinberg dan Bealer, kafein juga ada dalam teh, cokelat, soda, minuman enerji, hingga permen.

    Tetapi, jangan khawatir, asal tahu kadar yang pas, Anda tak akan kelebihan kafein. Berapa asupan kafein yang tak akan berakibat buruk bagi kita ? Menurut Deddy Muchtadi, cukup 190-285 mg/hari. Jumlah itu setara dengan 2-3 cangkir kopi.

    ” selamat menikmati kopi Anda…:)”

    Coffee Break…Part-1

    Masih ragu pada efek kafein ? Baca dulu tulisan ini :)

    Anda harus lembur untuk menyelesaikan beberapa tugas penting yang memang sudah tengat waktunya. Tetapi, rasa kantuk menyerang. Tidak bisa tidak, Anda merasa perlu minum kopi. Dan ajaib, mata Anda langsung melek dan semangat kerja pun kembali muncul.

    Kopi memang kerap dijadikan andalan untuk memompa semangat saat pekerjaan menumpuk. Yang menyebabkan kopi punya khasiat seperti itu adalah kafein. Namun, disamping itu, kafein juga mempunyai reputasi buruk, karena dianggap bisa meningkatkan detak jantung. Nah lo ?

    Jangan panik dulu…;) Kafein tidak seburuk itu kok :)

    Sejak tahun 1958, FDA (food and drug administration) mengklarifikasi bahwa kafein sebagai GRAS (generally recognized as safe). Belum yakin ? The American Medical Assosiation (AMA) menyatakan bahwa peminum kopi dan teh dalam jumlah sedang tidak perlu khawatir terhadap pengaruh kafein terhadap kesehatannya. Yang penting diimbangi dengan pola hidup sehat (pola makan, olahraga dll).

    Menurut Prof. Dr. Ir. Deddy Muchtadi, MS, ” Efek kafein dalam tubuh berbeda-beda durasinya, tergantung usia dan kondisi tubuh”. Pada orang dewasa, efek kafein bisa bertahan 3-5 jam, sementara pada bayi di bawah 6 bulan, kafein bisa betah tinggal sampai 24 jam. Pada ibu hamil, efeknya dapat terasa 7-8 jam. dan pada perokok, senyawa ini hanya sudi memberikan efek selama 2-3 jam. Durasi kafein tersebut tergantung dari faktor genetik, obat yang dikonsumsi, makanan, dan lain-lain. Alkohol, kontrasepsi oral, kehamilan, kegemukan dan kerusakan hati akan memperlambat metabolisme kafein dan memperlama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan efeknya. Sementara merokok, sayuran jenis brokoli, kol, lobak, daging asap, dan usia muda adalah faktor yang mempercepat metabolisme kafein.

    Kita perlu berterimakasih pada Friedrich Ferdinand Runge, ahli kimia asal Jerman yang menemukan senyawa kafein pada 1819. Berkat penemuannya, banyak penelitian dilakukan untuk untuk menggali manfaat kafein untuk kesehatan hingga sekarang. Ini sekaligus mematahkan mitos-mitos negatif kafein yang selama ini beredar di masyarakat. Weinberg dan Bealer menguraikannya sebagai berikut :

    1. Kafein dan nyeri. kafein mampu meredakan nyeri melalui dua mekanisme. Pertama, meredakan rasa sakit dengan memperbaiki kerusakan jaringan dan mengurangi peradangan. Kedua, menghambat pusat rasa nyeri di otak dan meningkatkan efektivitas pereda nyeri alam dalam tubuh.
    2. Kafein dan batu empedu. Kafein mampu meningkatkan laju aliran darah dalam empedu, menurunkan penyerapan cairan salauran empedu, dan menghambat kristalisasi kolesterol empedu.
    3. Kafein dan sistem kardiovaskuler. Penelitian medis menyebutkan bahwa minum kopi bisa menenangkan diri. Jika hal itu dilakukan secara teratur, tekanan darah akan menurun secara signifikan.
    4. Kafein dan osteoporosis. Tidak ada bukti otentik bahwa kafein berbahaya bagi kesehatan tulang atau simpanan kalsium selama Anda memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.
    5. Kafein dan kanker. Kafein tidak meningkatkan peluang penyakit kanker. Sebaliknya, menurunkan risiko beberapa penyakit kanker, seprti kanker payudara dan kanker kolon.
    6. kafein dan saluran nafas. Kafein dapat memperlebar saluran nafas, sehingga dapat digunakan untuk terapi asma. Kafein juga dapat menekan perkembangan penyakit paru-paru pada perokok.

    Siapa sih yang antikafein ?

    Dan apa sih efek tak terduga dari kafein yang menyenangkan ?

    Tunggu ya kelanjutannya…;)

    *i’m coffee addicted ;)

    Diet buat Bapak

    Sedih sekali rasanya, ketika Bapak saya sakit dan saya tidak bisa mendampingi beliau.

    Bapak sudah lama menyandang DM. 1 tahun terakhir mengalami hipertensi juga, dan harus minum obat anti hipertensi setiap hari.

    Sekitar 6 bulan yg lalu, Bapak juga sering mual tiap bangun tidur pagi. Setelah check up, semua normal kecuali gula darah. Saya dan adik saya curiga, jangan2 Bapak kena batu empedu. Mengingat pola makan Bapak yang tinggi lemak.

    Ternyata kecurigaan kami terbukti, ketika kami memaksa Bapak ke internist, ternyata benar ada batu empedu sebanyak 7 buah. Ya Allah…kasihan sekali beliau.

    Dokter menganjurkan untuk operasi. Tapi dengan syarat gula darah dan tekanan darah harus normal. Tetapi Bapak saya takut, jadi sementara berobat jalan aja.

    Satu bulan yg lalu, Bapak sudah tidak kuat karena sangat kesakitan karena batu empedunya. Tiap mau makan mual, habis makan perut juga ga enak. Akhirnya beliau siap dioperasi. Alhamdulillah…semoga semua lancar.

    Ternyata berdasarkan hasil laborat, creatinin Bapak juga tinggi 2,3 mg/dl. Untuk hasil lebih akurat Bapak harus check faal ginjal lengkap. Hasilnya semua normal, kencing > 70ml/jam selama 24 jam. Kata dokter Ali, Bapak mengalami penurunan fungsi ginjal karena DM yg kurang terkontrol. Sehingga Bapak belum boleh operasi selama creatinin belum normal.

    2 minggu ini Bapak berobat jalan lagi, dan hasilnya adalah creatinin masih tetap, tapi batu empedu tinggal 2 bh ukuran besar. Subhanallah…Semoga bisa hancur juga ya.

    Untuk pengaturan makanan (diet), saya tetap menganjurkan diet DM 1700 kalori, Rendah Lemak, Rendah Protein 0,8gr/kg BB/hari.

    Gambarannya seperti ini :

    Pagi :

    • Nasi 75 gr
    • Telur 1 butir
    • Sup wortel-jagung 50 gr

    Snack :

    • Pisang kukus 2 bh

    Siang :

    • Nasi 140 gr
    • Ikan bakar 35 gr
    • Tumis labu siam 100 gr

    Snack :

    • Diabetasol 1 porsi

    Malam :

    • Nasi 100 gr
    • Ayam panggang 1 potong kecil
    • Tumis kangkung 50 gr
    • Buah pepaya 1 potong (100 gr)

    Snack :

    • Puding (no sugar) atau Susu Non Fat

    Kabar dari Ibu sih, Bapak lumayan taat dg diet yg saya anjurkan. Pengen bener2 sembuh kali ya? :) Kadang2 aja resel, bosen makanannya itu2 aja, ga boleh gorengan, ga boleh nyemil2 sembarangan. Sebab, biasanya suka ngemil kerupuk/emping sebanyak2 nya hehehe…

    Semoga Allah memberi kesembuhan dan umur yg panjang buat Bapak. Agar Bapak bisa memprbaiki amal ibadahnya. Agar kami bisa membahagiakan beliau di usia senjanya. Agar beliau bisa melihat cucu2nya tumbuh besar. Amin…

    Pada umumnya, pria memproduksi sperma setiap saat. Namun jumlah dan mutunya tergantung pada apa yang dikonsumsi. Agar sperma berkualitas, pilihlah makanan yang kaya asam lemak essensial, vitamin A, B, C, dan E, mengandung seng dan magnesium.

    TOMAT

    Jangan menganggap remeh tomat. Kulit adan daging buahnya yang merah terbukti sarat kadar likopen yang mengandung senyawa alami antioksidan. Likopen mampu membuat sperma jadi lebih gesit. Jika anda termasuk pria yang kurang subur, rajin minum jus tomat. Dijamin mampu meningkatkan jumlah sperma secara nyata.

    SEMANGKA

    Mengandung salah satu komponen karotenoid, yaitu likopen. Selain sebagai antipenuaan dini dan kanker, kadar likopen pada semangka mampu memperbaiki kesuburan dan mendorong gairan seks pria. ½ bagian semangka setara dengan 20 mg likopen.

    JAMBU BIJI

    Khasiat jambu biji bukan hanya untuk menangkal demam berdarah saja. Likopen dalam jambu biji lokal merah bersifat antioksidan. Berkhasiat menyuburkan sistem reproduksi pria dan mampu meningkatkan vitalitas. Mengkonsumsi jus jambu biji merah secara rutin akan mendongkrak kesuburan pada pria. Satu buah jambu biji sama dengan 80 mg likopen.

    KEMANGI

    Daya tahan hidup sperma penting agar proses pembuahan sel telur berhasil. Daun kemangi selain berkhasiat menghilangkan bau badan dan bau mulut, ternyata mengandung arginine yang memperkuat daya tahan hidup sperma, mencegah kemandulan, dan menurunkan gula darah.

    WORTEL

    Sebagai sayuran kaya nutrisi juga gudangnya betakaroten, mampu mencegah penimbunan gula darah dan kerak lemak penyebab impotensi. Senyawa porfirin mendorong kelenjar pituaturi agar meningkatkan hormon testosteron. Kandungan testosteron dalam darah meningkat maka gairah seksual pun semakin membara.

    DAUN KATUK

    Daun katuk terbukti berkhasiat menambah kesuburan, membantu mutu dan jumlah sperma. Tujuh senyawa aktif yang dikandungnya dapat merangsang sintesis hormon-hormon steroid. Dalam tubuh pria senyawa aktif ini mernagsang pembentukan hormon keperkasaan dan produksi sperma pun melaju pedat seiring dengan peningkatan kualitasnya. (9months)

    Tak terasa udah 2 tahun yang lalu saya menjadi seorang ibu. Bahagia sekali rasanya, ga bisa dilukiskan dengan kata2. Tapi….sedih juga, karena badan saya jadi melaaarrrrr……………….pooolllll :(
    Bayangkan saja, dari 50 kg menjadi 70 kg. Setelah melahirkan cuman turun 3 kg (hanya sebesar berat my baby hehehe…)
    Memang sebenarnya saya bakat gemuk. Bapak saya dan leluhurnya big size semua…dan pada jadi diabetisi (sakit diabet).
    Tapi saya bertekad bulat, kalo saya pasti bisa kembali seperti dulu lagi. Fight…fight…fight….ga boleh melar setelah punya anak !!!
    Kebetulan saya melahirkan lewat operasi caesar, jadi sakit banget kalo harus pake “gurita/stagen”. Alhasil…sampe sekarang saya ga pernah pake, padahal kalo habis melahirkan perut melar kesana-sini kan?
    Alhamdulillah…meski ga pernah ngiket2 perut, sampe sekarang perut saya masih ramping lo…karena saya selalu “tekan perut” setiap saat. Sambil menyusui, sambil masak, sambil jalan, dll…sesering mungkin, seinget mungkin.
    2 bulan setelah melahirkan, saya mulai ikut aerobik lagi 2 kali/minggu. Makan masih banyak, karena menyusui.
    Setelah 3 bulan, berat saya menjadi 64 kg. Masih jauuuhh….dari normal.
    Saa usia anak saya 7 bulan, saya mulai sedikit berdiet. Tetep makan 3 kali sehari, tetep ngemil tapi “tahu diri”. Plus aerobik saya tingkatkan lagi jadi 3-4x/minggu. Kadangkala diselingi berenang 1 jam.
    Saya ga pernah pake produk pelangsing apapun, karena saya ga suka minum pil2, ga suka minuman yg rasanya aneh2.
    Alhamdulillah…saat ini, berat saya 56 kg (IMT = 26, masih gemuk), tapi lemak tubuh saya normal.
    Buat teman-teman yang pengen nurunin berat badan, jangan hanya ngurangin makan n pake obat ya…harus ditunjang “olahraga rutin”.
    Bukankah target hidup sehat sekarang bukan hanya “lose your weight” but “lose your fat” ??
    Ayo ibu2…yang pengen sehat, pengen langsing, pengen menarik di depan suami…semangat!!!!!

    Indahnya Hidup Sehat

    Setiap orang pasti ingin hidup bahagia, sehat jasmani dan rohani sampai kakek nenek nanti. Alangkah indahnya jika semua itu bisa terwujud ya?
    Ingin sekali, ketika lanjut usia nanti, tubuh kita tidak dibebani penyakit apapun. Proses menua itu wajar lah…tapi takut juga kalau menderita berbagai macam penyakit. Nah….untuk itulah, kita harus bertekad bulat menjalankan pola hidup sehat mulai sekarang ya…:)
    Sebenarnya ga susah kok, ga perlu harus menganut paham2 diet tertentu. Yang penting adalah kemauan dan usaha yang kuat.
    Secara umum, yang harus dilakukan adalah :
    1. Bersyukur atas segala nikmat yang diberikan ALLAH SWT
    2. Jaga pola makan
    Batasi makanan yang tinggi karbohidrat, lemak dan bahan makanan tambahan. Perbanayak konsumsi sayuran dan buah. Konsumsi suplemen bila diperlukan. Minum air putih 6-8 gelas/hari.
    3. Olah raga teratur.
    Minimal 30 menit 2 kali seminggu. Kalau mau lebih dari itu juga boleh, tapi kenali kondisi fisik masing-masing ya…Kalau perlu konsultasi dulu ke dokter atau instruktur olahraga.
    4. Hindari merokok
    5. Kurangi alkohol, minuman bersoda.
    6. Usahakan tidur nyenyak 8 jam/hari.
    7. Selalu berpikir positif
    Jika hati kita positif, pikiran kita positif, kita akan merasa bahagia sekali.
    8. Usahakan IMT (indeks masa tubuh) normal, lingkar pinggang dan perut normal.
    Seandainya itu semua bisa dijalankan, insyaAllah penyakit tidak mudah hinggap di tubuh kita ini. Nikmat tubuh yang sehat dari Allah harus kita syukuri dengan menjaga dan merawtnya dengan baik.
    Setuju??? :)

    Aneka Olahan Sayur

    1. Sup Sarang Burung
      Bahan:

      • 15 gr wortel, serut kasar
      • 15 gr labu siam, serut kasar
      • 1 sdt daun bawang
      • 300 cc kaldu ayam
      • 1 butir kuning telur, kocok sebentar
      • Sedikit garam

      Cara membuat:

      • Rebus wortel, labu siam dengan air kaldu sampai matang
      • Masukkan telur sambil disaring dengan saringan teh dan aduk pelan
      • Masukkan bawang daun dan garam
      • Angkat dan sajikan dengan nasi
    2. Sup Makaroni
      Bahan:

      • 15 gr kacang polong
      • 15 gr wortel, potong dadu kecil
      • 25 gr daging cincang, bentuk bulat kecil (menjadi 4-5 bulatan)
      • 5 gr makaroni, rebus hingga matang
      • 1 sdt daun bawang
      • Sedikit garam
      • 300 cc air

      Cara membuat:

      • Rebus semua bahan kecuali makaroni, daun bawang dan garam hingga mendidih dan matang
      • Masukkan daun bawang, garam dan makaroni
      • Angkat dan sajikan dengan nasi
    3. Sayur Bening
      Bahan:

      • 15 gr bayam, iris halus
      • 15 gr jagung manis, haluskan
      • 15 gr oyong/gambas, potong dadu kecil
      • 1/2 sdt bawang merah
      • 1 cm kunci
      • 300 cc air
      • Garam dan gula sedikit

      Cara membuat:

      • Rebus semua bahan menjadi satu sampai matang.
      • Angkat dan hidangkan bersama nasi.
    4. Sayur Asem
      Bahan:

      • 15 gr kacang panjang, iris halus
      • 15 tomat, potong dadu kecil
      • 1/2 sdt bawang merah
      • 1 sm lengkuas
      • Garam dan gula sedikit
      • 300 cc air kaldu sapi

      Cara membuat:

      • Rebus semua bahan hingga matang
      • Angkat dan sajikan bersama nasi

    Aneka Tim Saring

    1. Tim ayam-wortel saring
      Bahan:

      • Beras 20 gr
      • Air 600 cc
      • Daging ayam cincang 25 gr
      • Wortel parut halus 25 gr
      • Seledri cincang 1 sdt
      • Margarine 1 sdm
      • Kecap 1 /2 sdt
      • Gula dan garam sedikit

      Cara membuat:

      • Rebus beras dan ayam dengan air 600 cc sampai agak mengental.
      • Masukkan wortel parut, margarin, kecap, gula dan garam, aduk rata.
      • Biarkan sampai mendidih dan matang.
      • Angkat dan saring dengan saringan kawat atau blender.
    2. Tim teri-bayam saring
      Bahan:

      • Beras 20 gr
      • Air 600 cc
      • Teri medan 10 gr cuci bersih
      • Tahu 15 gr potong dadu kecil
      • Bayam 25 gr, cincang halus
      • Gula dan garam sedikit

      Cara membuat:

      • Rebus beras dan teri dengan air 600 cc sampai agak mengental.
      • Masukkan tahu, bayam, gula dan garam, aduk rata.
      • Biarkan sampai mendidih dan matang.
      • Angkat dan saring dengan saringan kawat atau blender.
    3. Tim daging-kentang-kacang polong saring
      Bahan:

      • 10 gr beras
      • 20 gr kentang, kupas, potong dadu kecil
      • 25 gr daging cincang
      • 10 gr kacang polong
      • 5 gr margarin
      • 500 cc air

      Cara membuat:

      • Rebus semua bahan menjadi satu, apabila sudah agak mengental, tambahkan margarine.
      • Biarkan mendidih dan matan. Angkat.
      • Blender atau saring dengan mengunakan saringan kawat.
    4. Tim Tahu
      Bahan:

      • 20 gr beras
      • 15 gr tahu, potong dadu kecil
      • 25 gr ayam cincang
      • 1 sdt bawang daun cincang
      • 600 cc air
      • 25 gr wortel, potong dadu kecil
      • Garam sedikit

      Cara membuat:

      • Rebus semua bahan kecuali bawang daun. Masak hingga mengental.
      • Tambahkan bawang daun, biarkan mendidih dan matang.
      • Angkat. Blender atau saring dengan saringan kawat.
    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.